Rangka Galvanis, Salah Satu Jenis Baja Ringan Yang Baik

Baja Ringan Galvanis

Jenis baja ringan ini merupakan jenis baja ringan yang menggunakan pelapisan seng sebagai coaternya. Lalu bagaimana performansinya? Berikut ulasannya.

Kandungan dari Baja Ringan Galvanis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Baja Ringan Galvanis merupakan salah satu jenis baja ringan yang bagus, dilapisi dengan seng sebagai perlindungnya. Proses pelapisan sendiri sering kali disebut dengan dengan proses galvanisasi. Lapisan yang digunakan dalam proses galvanisasi ini dibuat dari beberapa elemen kimia antara lain :

Dalam pelapisan ini seng memiliki rasio yang sangat besar. Sekitar 98% dari rasio coating ini dimiliki oleh seng sedangkan sisa 2%nya diisi dengan alumunium.

Proses galvanisasi

Coating yang dilakukan dengan menggunakan proses galvanisasi ini dilakukan dengan menggunakan 2 proses yaitu proses elektrodeposisi dan juga proses elektrokimia. Kedua proses ini menghasilkan lapisan seng pada Baja Ringan Galvanis dapat lebih tahan terhadap korosi karat dan juga korosi yang disebabkan karena adukan semen yang merupakan bahan utama dalam pembangunan rumah di Indonesia.

Selain menggunakan proses kimia yang disebutkan di atas, proses galvanisasi yang dilakukan pada Baja Ringan Galvanis dilakukan dengan metode hot dip galvanisasi. Metode ini merupakan metode yang dilakukan dengan merendam baja ringan di dalam cairan seng dalam waktu yang ditentukan.

Kekurangan Baja Ringan Galvanis

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh jenis baja ringan ini adalah karat yang muncul, ya sesungguhnya meski sudah melalui proses coating, Baja Ringan Galvanis masih menghasilkan karat pada permukaannya dalam jangka waktu penggunaan 1 tahun. Akan tetapi karat yang dihasilkan oleh Baja Ringan Galvanis ini memiliki warna putih sehingga tidak mengganggu penampilan dari Baja Ringan Galvanis. Selain sering muncul karat putih, ternyata, Baja Ringan Galvanis ini juga kurang kuat jika menghadapi korosi terhadap air garam.

Kelebihan Baja Ringan Galvanis

Untuk kelebihan dari Baja Ringan Galvanis, sudah disebutkan sebelumnya bahwa Baja Ringan Galvanis memiliki ketahanan lebih besar terhadap korosi yang disebabkan karena adukan semen atau karena mortar. Selain itu jenis baja ringan ini juga memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan dengan 2 baja ringan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *