Cetak Packaging: 5 Jenis Bahan Kemasan Makanan yang Terdapat di Pasaran

Cetak packaging perlu dipertimbangkan apabila hendak menjalankan usaha kuliner. Pasalnya, kemasan memiliki peran yang sangat penting, mulai dari melindungi produk hingga menjadi media pemasaran. Sekarang ini sudah banyak jasa percetakan packaging yang berkualitas.

Jenis Bahan Kemasan Makanan

Guna memberikan kualitas yang terbaik bagi konsumen, para pelaku bisnis harus pandai-pandai dalam memilih material kemasan produk. Sebagai referensi, berikut beberapa bahan wadah untuk mengepak makanan dan minuman yang ada di pasaran:

Plastik

Jenis packaging produk ini banyak digunakan oleh pabrik untuk mengemas makanan dan minuman. Selain murah, plastik sangat mempermudah proses produksi. Tapi, Anda perlu tahu, bahwa ada beberapa plastik yang tidak aman bagi kesehatan, seperti polyetilen polypropilen polyvinylchloride.

Kertas

Sama halnya dengan plastik, kertas juga kerap dimanfaatkan untuk mengepak makanan. Namun, terdapat kertas yang tidak boleh dipakai untuk mengemas produk tersebut, yaitu kertas bekas atau koran. Sebab, ia memiliki tulisan serta terbuat dari tinta yang banyak mengandung timbale (Pb). Sehingga, amat berbahaya apabila mengenai makanan dan dikonsumsi manusia.

Kaleng

Tidak sedikit pelaku bisnis yang memilih kaleng sebagai packaging makanan dan minuman. Tapi, umumnya makanan yang dikemas dengan bahan tersebut akan kehilangan kesegarannya. Tidak hanya itu, nilai gizinya pun bisa turun karena pengolahan produk dengan suhu tinggi. Pada penggunaannya, kemasan dari kaleng perlu dilapisi timah putih (Sn) dengan erat sampai semua lubang tertutupi supaya tidak menimbulkan karat.

Styrofoam

Riset telah membuktikan bahwa jenis packaging ini tidak aman bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, ia masih populer di kalangan pengusaha makanan, terutama yang terbuat dari kopolimer styrene. Styrofoam memang mampu mempertahankan bentuk saat dipegang oleh pelanggan. Ia juga dapat menghindari terjadinya kebocoran dan menjaga suhu panas atau dingin.

Tapi, akan berbahaya bila dipakai untuk membungkus makanan panas, berminyak, berlemak dan beralkohol karena ia bisa melepas monomer.

Gelas atau Kaca

Sebetulnya, packaging makanan yang paling aman adalah gelas atau kaca. Tapi, ia sangat rentan pecah serta tidak tahan terhadap suhu tertentu.

Cetak Packaging Makanan Berkualitas

Untuk mendapatkan kemasan barang yang bermutu, Anda bisa memesan pada cetak packaging profesional. Kami menawarkan material pak nan bervariasi, seperti yang telah disebutkan di atas. Konsumen pun bebas memilih model dan desain yang sesuai dengan produk, mulai dari yang sederhana hingga mewah. Selain itu, proses pengerjaan tidak memakan waktu lama dan sampai ke tangan pelanggan dengan on time.

Meski demikian, harga yang diberikan tidak akan menguras isi dompet. Bahkan, Anda dapat menyesuaikan paketnya dengan budget yang dimiliki.

Jika peduli terhadap kesehatan para konsumen, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih material kemasan produk. Cari informasi sebanyak-banyaknya atau konsultasikan hal tersebut pada cetak packaging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *