Pengenalan struktur perusahaan dalam online learning

Insight materi dasar training online

Jadi, perusahaan Anda sudah mulai ingin untuk menerapkan sistem training online. Memulai sesuatu yang baru, terkadang menjadi sebuah kesulitan tersendiri. Artikel singkat ini mencoba memberikan sebuah panduan sederhana untuk memulai perencanaan kurikulum online training di perusahaan. Tentu masing-masing perusahaan memerlukan fokus yang berbeda-beda, tapi apa yang dibagikan di sini bisa menjadi acuan umum untuk industri apapun.

Pemilihan medium materi onine training

Sebelum masuk pada pemilihan topik, perlu ditentukan dulu format seperti apa yang akan diberikan dalam online training. Medium/format yang dimaksud di sini adalah apakah materi akan diberikan dengan video, audio, atau teks. Sekilas, semua online training dibayangkan sebagai suatu video di mana seorang trainer memberikan informasi. Padahal, format video belum tentu feasible bagi semua perusahaan.

Pemilihan format ini harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan, secara khusus dengan kemampuan tim persiapan training. Selain itu, perlu juga penyesuaian dengan industri atau skill yang akan dilatih. Bisa jadi, materi yang paling sesuai untuk suatu skill yang sangat teknis adalah berbentuk teks/dokumen karena banyak detail yang harus disampaikan. Pada dasarnya semua jenis materi bisa disampaikan dengan format apapun, apalagi karena metode belajar efektif setiap orang berbeda-beda. Tetapi, yang penting di sini adalah dalam penyusunan materi yang efektif (ingat, tidak semua perusahaan memiliki waktu untuk menjadi sebuah institusi training). Artinya, tim persiapan training perlu memprioritaskan, format apa yang menjadi kebutuhan utama dalam suatu materi training.

Pengenalan stuktur organisasi

Ini menjadi salah satu materi yang paling mudah untuk diikutsertakan sebagai materi online training. Pengenalan struktur organisasi adalah sesuatu yang penting. Dalam hal ini, karyawan jadi bisa bekerja sama secara efektif karena mengenal job description satu sama lain. Karyawan bisa tahu, ke mana mereka akan mengonsultasikan suatu masalah, apakah ke departemen A atau departemen B.

Perkenalan struktur organisasi ini memang penting namun sebenarnya bukan suatu materi yang sulit untuk dicerna. Karena itu, pengenalan struktur bisa menjadi materi paling awal yang diberikan dalam online training. Sasaran materi ini adalah semua karyawan dalam perusahaan dan materi ini menjadi materi paling pertama yang diberikan untuk mengenal perusahaan. Seiring semakin cepatnya pergantian karyawan, bila kita masih menggunakan training konvensional hanya untuk menjelaskan materi dasar seperti ini, waktu dan resource akan habis secara tidak efektif. Dengan online training, materi-materi ini dapat dibagikan dan bahkan dimodifikasi secara cepat tanpa harus memakan waktu riil terlalu banyak dari tim trainer.

Tentu karena sifatnya yang sebenarnya sederhana (namun penting), bagian ini bisa dengan mudah disepelekan peserta training. Sebagai suatu materi yang tidak kompleks, ada baiknya materi ini kemudian dievaluasi pembelajarannya dengan sebuah tes. Selain memperkenalkan konsep online training bagi peserta, tes pengenalan struktur organisasi ini juga berguna untuk menunjukkan niat seseorang dalam mengikuti training.

Setelah persiapan materi dasar ini, materi berikutnya bisa dimulai dengan mengonsultasikan kebutuhan-kebutuhan utama dari tiap departemen. Skill atau pengetahuan seperti apa yang diperlukan bagi tiap-tiap tim untuk diinkorporasikan ke dalam materi online training.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *