Tips Sukses Berdagang Ala Masyarakat Cina

Lambang ular naga besar yang menelan bumi  merupakan sebutan bagi mereka yang beretnis cina. Lambang tersebut mengartikan jika orang cina memiliki tekat yang luar biasa dalam menaklukkan dunia. Hal itu dibuktikannya dimana kebanyakan orang cina mampu mendulang kesuksesan dalam dunia bisnis.  Seperti kata pepatah, “tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”. Hal ini benarlah adanya, bagi anda yang hendak berbisnis ataupun bagi yang telah memiliki bisnis namun bisnisnya sangat sulit berkembang, maka anda harus mengetahui dan meniru tips sukses berdagang ala masyarakat cina berikut ini.

  1.   Belajar bisnis dari usia dini

Kebiasaan berbisnis pada masyarakat cina sudah diturunkan ke anaknya saat anak masih kecil. Hal ini dapat kita liat dari keterlibatan anak-anak dan seluruh anggota keluarga lainnya di dalam bisnis tersebut.

  1.   Bijak dalam mengelola uang

Masyarakat cina selalu menerapkan prinsip hidup hemat, mereka telah diajarkan untuk selalu menghargai uang agar bijak dalam mengelolanya. Tidak seperti masyarakat kita yang selalu berusaha mempertahankan gengsi dengan gaya hidup yang bermewah-mewahan, etnis cina justru sebaliknya, meskipun mereka memiliki banyak uang dan usaha mereka terbilang sukses, namun mereka tetap mempertahankan gaya hidup sederhana. Keuntungan yang mereka dapat dari bisnis akan dipergunakan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

  1.   Selalu memikirkan masa depan

Masyarakat cina selalu berusaha untuk menyiapkan aset untuk masa depannya, karena mereka tau bisnis yang mereka lakoni tidak akan berjalan mulus selalu. Untuk itu mereka selalu menyiapkan aset sebagai bekal untuk dipergunakan sewaktu-waktu bisnis mereka mengalami kebangkrutan. Hal ini sangatlah berbeda dengan kebanyakan masyarakat kita yang hanya memikirkan untuk kehidupan saat ini.

  1.   Lebih mengutamakan investasi daripada gaya hidup

Rahasia dan tips sukses orang cina lainnya adalah tidak pernah mencari keuntungan semata dalam berbisnis, mereka lebih memilih menjual produk dengan keuntungan lebih kecil  untuk menarik minat pelanggan. Pola pikir mereka adalah apabila menjual produk dengan harga tinggi untuk mendapat keuntungan besar akan membuat bisnisnya cepat mengalami kekalahan dalam persaingan. Tidak hanya menjual produk dengan harga murah saja, para pembisnis etnis cina juga sangat memperhatikan kualitas produk yang di jualnya, sehingga tidak heran jika masyarakat kita lebih sering berbelanja pada orang cina daripada pedagang sendiri.

  1.   Tidak pernah berhutang

Orang cina selalu menghindari hutang dalam berbisnis. Mereka paham betul bahwa kebiasaan berhutang hanya akan membuat mereka berada di dalam masalah dikemudian hari. Namun sebaliknya, mereka akan memperbolehkan para pelanggannya berhutang, yakni dengan menerapkan sistem beli 1 cash kasih satu hutang. Hal inilah yang membuat bisnis orang cina lebih unggul daripada bisnis masyarakat kita.

Pada intinya cara berbisnis orang cina yang paling utama adalah lebih mengutamakan kepuasan pelanggan daripada mencari keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *